Surabaya akan buka kelas ber IQ Tinggi, Simak Syaratnya

5
0
Share:

Labumi.id, Program kelas khusus bagi pelajar SD-SMP yang diinisiasi Dinas Pendidikan Kota Surabaya hanya bagi mereka yang memiliki IQ di atas rata-rata. Nama kelas yang disiapkan tersebut, Free Extraordinary You.

“Sebelum mengikuti kelas khusus, pelajar tersebut harus terlebih dahulu mengikuti seleksi secara bertahap,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Supomo, Selasa (12/10).

Seleksi dilakukan secara bertahap dari Test IQ dan Tes Potensi Akademik (TPA). Test tersebut akan menentukan apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran.

Dia mengatakan, anak-anak yang memiliki IQ di atas rata-rata tersebut nantinya bakal dibina oleh guru-guru pilihan dari berbagai sekolah swasta dan negeri di Kota Pahlawan.

“Karena itu, SD-SMP seluruh Surabaya silahkan mengirimkan anak-anak terbaiknya, kemudian nanti kita pilih,” kata Supomo.

Supomo memastikan bahwa kelas khusus ini tidak akan mengganggu waktu pelajaran normal di sekolah. Sebab, pelaksanaannya berlangsung di luar jam sekolah. Kelas khusus akan diisi sekitar 15-20 anak dan akan terbagi di wilayah Surabaya Utara, Timur, hingga Barat.

“Kelasnya nanti kecil-kecil. Satu kelas isinya sekitar 15-20 anak. Nanti kita lihat juga potensinya anak-anak itu bagaimana,” ujarnya.

Supomo memastikan bahwa program kelas khusus tersebut, memiliki tajuk. Rencana tajuk yang akan diangkat adalah Free Extraordinary You tersebut, akan dimulai pada November 2021.

Saat ini, kata Supomo, pihaknya masih melaksanakan tahapan seleksi kepada para pelajar Surabaya dan sekitarnya. Dalam program kelas khusus ini, pihaknya akan menggandeng Prof Yohanes Surya, fisikawan Indonesia yang selama ini dikenal sebagai pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI).

Prof Yohanes, kata Supomo dalam kegiatan belajar mengajarnya tak hanya memberikan pembelajaran bagi para pelajar peserta kelas khusus. Tapi, juga memberikan pembinaan kepada tenaga pendidik dalam program tersebut agar mereka memiliki kemampuan yang lebih dan terarah.

Baca Juga:  Dewan Kehormatan Minta Konferensi Fatayat Diselamatkan dari Hidden Interest

“Targetnya adalah anak-anak pintar di Kota Surabaya semakin terasah. Jangan sampai ada anak pintar kemudian tidak ada pembinaan, perhatian khusus, kemudian anak-anak itu menjadi anak-anak biasa-biasa saja,” kata Supomo.

Melalui program kelas khusus tersebut, kemampuan anak-anak Surabaya yang memiliki IQ di atas rata-rata dapat semakin terasah. Dinas Pendidikan Kota Surabaya terus berkomitmen menyediakan wadah atau fasilitas untuk mengasah kemampuan anak-anak Surabaya. (cha)

Share: