Bimtek Soal Penulisan PAT Diikuti Para Guru MA di Kepulauan Raas


  • Bagikan

Labumi.id, Sejumlah guru Madrasah Aliyah (MA) di Kepulauan Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mendapatkan Bimbingan Teknis soal Penilaian Akhir Tahun (PAT), di Aula Sirajul Akhyar, Selasa, 6 April 2021.

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 35 guru Madrasah Aliyah di Kecamatan Ra’as, yaitu MA Kasyfudduja dan MA Sirajul Akhyar.

Pengawas Madrasah Aliyah kepulauan Abdul Wasid mengatakan bahwa Bimtek itu sebetulnya untuk memberikan pembekalan penulisan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT). 

“Kalau tujuannya membekali tim ketika membuat soal PAT, agar sesuai dengan kaidah penulisan soal yang benar,” jelasnya.

Harapan Wasid, dalam menulis soal, guru yang mengikuti Bimtek dapat memperhatikan kaidah-kaidah penulisan sehingga soal yang dibuat betul-betul berkualitas.

Ada banyak aspek yang menjadi kendala bagi guru dalam menyusun kisi-kisi sehingga kadang kurang berkualitas sebab belum memahami kompetensi dasar secara benar, saat memilih indikator yang membuat materi. 

Kadang masalah lain adalah banyak ditemukan indikator pada kisi-kisi yang kurang berkembang. Seharusnya, misalnya dapat dibuat 1 soal saja. “Seperti juga masih banyak ditemukan dalam satu kisi-kisi itu yang tidak memuat indikator kunci,”paparnya. (Red).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *