Positif Covid, ‘Mak Lampir’ Farida Pasha Meninggal Dunia

127
0
Share:

Labumi.id, Pemeran yang identik dengan karakter Mak Lampir dalam film Misteri Gunung Merapi, Farida Pasha dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu (16/1) pukul 19.35 WIB.

Aktris senior yang lahir di Tasikmalaya 68 tahun silam itu, sebelumnya mengidap vertigo dan lambung. Hal itu diakui oleh Gina Sonia, putrinya.

“Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Mama awalnya sakit vertigo dan lambung. Sudah 2 kali kami bawa ke dokter,”papar Gina, kemarin (17/1/)

Dalam keterangan resminya, Gina menyatakan mamanya dirawat secara intensif di RS Tarakan. Mamanya menjalani serangkaian test, bahkan rontgen dan divonis terkena early pneumonia, termasuk juga hasil swabnya positif Covid-19.

Nama Farida Pasha mulai dikenal ketika membintangi film Guna-Guna Istri Muda di tahun 1977 yang juga dibintangi oleh Rina Hasyim hingga Roy Marten.

Peran Farida Pasha dalam film bergenre epos kolosal dan misteri yang ditayangkan 261 episode, tahun 1998-2005 tersebut, membuat karakternya identik dengan Mak Lampir. Sekitar 50 film yang dibintangi almarhumah Farida. Keuletannya dalam dunia film, dia mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement dari Forum Film Bandung pada November 2020 lalu.

Putrinya, Gina Sonia, menyatakan terimakasih atas kemudahan dan bantuan dari banyak pihak, sejak ibundanya sakit hingga meninggal.

“Atas kekhilafan beliau semasa hidup, perkenankan kami dari keluarga memohon maaf sebesarnya. Ini kehilangan yang begitu berat bagi keluarga kami,”ungkap Gina.

Proses pemakaman Farida Pasha dilakukan dengan protokol Covid-19 yang sangat ketat. Dan keluarga enggan menyatakan dimana aktris senior tersebut dikebumikan. (Red)

Share: