Cara membedakan Paper Semar Palsu dan Asli Untuk Pelinting Sejati

35
0
Share:

Labumi.id, Pecandu lintingan atawa ahli hisab tembakau pasti akan selalu berurusan dengan namanya paper atau kertas rokok. Salah satu paper terkenal adalah merk Semak dengan gambar Semar.

Anda pasti familiar dengan kertas rokok yang satu itu. Warnanya merah menyala dengan gambar tokoh sentral dalam punakawan.

Nah, para pecandu rokok lintingan sangat jeli memilih kertas rokok. Mereka tidak akan sembarangan memilih kertas rokok ketika melinting sebab akan berpengaruh kepada rasa tembakau yang dihisapnya. 

“Intinya, kertas tidak sembarang kertas untuk digunakan melinting. Kertas harus juga sebanding dengan harga tembakau. Untuk itu kualitas pun pastinya dipertimbangkan,” kata Sujono, salah satu pelinting tembakau.

Cerita perihal adanya kertas palsu dan bukan menyebar di kalangan mereka sendiri. Diantara para pelinting sejati itu sesungguhnya bermula dari pengalaman Sujono dan Qomari. Mereka berdua berdebat tentang pengaruh kertas rokok pada tembakau dan bumbu penyedapnya.

Ujungnya mereka saling berbagi paper atau kertas rokok. Qomari menyebut paper Sujono palsu, dan sebaliknya. Mereka lalu saling memeriksa daftar nomer, dan memeriksa pembatas kertas berwarna cokelat di dalamnya.

“Saya sesungguhnya tak menyebut palsu atau tidak, tapi enak atau tidak,”kata Qomari pada Sujono.

Sujono mengajak Qomari untuk saling uji kertas rokoknya masing-masing. Setelah beberapa kali sedotan, ternyata diketahui bahwa milik Sujono yang palsu.

Ciri-ciri kertas rokok merk Semak yang palsu dan asli menurut Sujono dan Qomari sebagai berikut;

Yang Palsu:

  1. Daftar nomer bertuliskan tinta tebal merah.
  2. Daftar nomernya, bertulis 1851028
  3. Pada bibir lipatan pertama kertas bertulis YAN SAN HOO Surabaia
  4. Pembatas kertas rokok berwarna cokelat polos.

Sedangkan yang asli;

  1. Daftar nomer bertuliskan tinta warna merah yang tak menyala
  2. Daftar nomernya, bertulis 185128
  3. Pada bibir lipatan pertama kertas bertulis YAM SAN HOO Surabaia
  4. Pembatas kertas rokok berwarna cokelat ada tulisannya miring warna biru dengan kalimat Kertaa Rokok Cap Semar

Semoga bermanfaat. (Red)

Share:
Labumi.ID