Seniman Gunawan Maryanto, Pemeran Wiji Thukul Meninggal Dunia

13
0
Share:

Labumi.id, Seniman Gunawan Maryanto atau akrab disapa Cindhil dikabarkan meninggal dunia, pada Rabu, 6/10/2021.

Mendiang dikenal sebagai aktor, sutradara dan penulis sekaligus Direktur Artistik dan Dewan Pendiri Indonesian Dramatic Reading Festival di Teater Garasi atau Garasi Performance Institute di Yogyakarta.

Namanya melambung sejak berperan sebagai Widji Tukul dalam film Istirahatlah Kata-kata yang disutradarai Anggie Nun. Atas perannya itu, dia menyabet penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Usmar Ismail Award 2017. Pada tahun 2020, almarhum berhasil meraih Piala Citra sebagai Pemeran Utama terbaik Festival Film Indonesia 2020 dalam film The Science of Fictions.

Sebagai penulis, mendiang juga banyak sekali melahirkan karya seperti prosa, puisi dan kritik sastra yang tersebar di sejumlah media. Cindhil tercatat sebagai penulis yang cukup produktif. 

Dalam postingan akun instagram teatergarasi diberitakan bahwa almarhum Gunawan Maryanto malam ini disemayamkan di studio Teater Garasi sampai besok pagi sekira jam 08.00 Wib untuk kemudian diberangkatkan ke rumah keluarga di Karang Malang. Pemakaman juga direncanakan dilangsungkan besok siang, pukul 13.00 Wib di pekuburan Karang Malang, Sleman, Yogyakarta. (Red)

Share: