Pemkab Sumenep Agendakan Program Mudik Gratis Khusus Warga Kepulauan

Penulis: Khairul Amin Editor: Redaksi

Labumi.id, Kepedulian Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur benar-benar terasa dampaknya dan menjadi bukti nyata bagi masyarakat.

Pasalnya, program mudik gratis yang digelar Pemkab tahun ini tidak hanya dapat dirasakan oleh warga Sumenep yang merantau ke Jakarta.

Pemkab juga menyediakan program mudik gratis jalur laut menuju kepulauan Sumenep. Sedikitnya, ada lebih dari 10 ribu kuota penumpang yang disediakan Pemkab setempat pada program mudik gratis rute kepulauan ini.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Sumenep, Yayak Nur Wahyudi mengatakan, program mudik gratis ini sudah menjadi bagian dari program rutin Pemerintah setipa momentum menjelang lebaran dul fitri.

“Ini sudah menjadi agenda rutin yang dihadirkan oleh Pemkab Sumenep untuk masyarakat di kepulauan,” katanya.

Program mudik gratis rute kepulauan ini bagian dari bentuk kepedulian Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, dalam meringankan beban ongkos, bagi warganya yang hendak pulang ke Kampung halamannya di daerah kepulauan.

Sementara syarat yang harus disiapkan oleh calon peserta mudik gratis cukup mudah. Hanya dengan modal menunjukkan identitas diri sebagai warga asli Sumenep (KTP), sudah bisa memanfaatkan program mudik gratis.

“Kita berharap warga Sumenep bisa memanfaatkan program ini dengan maksimal,” harap dia, Jumat, 21/3/2024.

Salah seorang warga asal Kepulauan Sapeken, Qomaruddin, menilai kebijakan pemerintah daerah sangat membantu masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman khususnya wilayah kepulauan.

“Program mudik gratis ini tentu sangat membantu warga kepulauan. Apalagi kami sebagai perantau tentu sangat terbantu,” kata Qomaruddin, Jumat, 21/03/2024.

Lebih lanjut, ia meminta Pemkab Sumenep dapat terus memantau kepadatan penumpang di Pelabuhan Kalianget.

“Mengingat kondisi cuaca saat ini tidak baik, jadi calon penumpang yang tertahan di pelabuhan juga harus diperhatikan, termasuk saat ada penundaan pemberangkatan kapal akibat cuaca buruk,” ujarnya.

Hingga saat ini, Pemerintah Sumenep masih menunggu jadwal keberangkatan kapal dari masing-masing perusahaan untuk menjalankan program tiket kapal gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *