Pilih Jenderal Yudo atau Andika, Figur Ini Cocok Jadi Panglima TNI Pengganti Hadi Tjahjanto

Penulis: Favel SovotkaEditor: Redaksi

  • Bagikan

 Labumi.id, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memilih satu di antara dua Jendera untuk menggantikan posisi Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada November 2021.

Dua Jenderal ini disebut-sebut sebagai calon kuat menggantikan Panglima Hadi Tjahjanto adalah KASAL Yudo Margono dan Andika Perkasa. Presiden Jokowi, harus memilih di antara keduanya untuk menduduki kursi Panglima TNI 2021.

Jika yang terpilih adalah Yudo, maka Andika Perkasa harus menyingkir dari bursa Panglima. Sebab Jokowi hanya akan memilih satu kandidat untuk menjadi panglima.

Tapi jika sebaliknya, bila Andika yang terpillih maka Yudo harus mengalah untuk menempati posisi lainnya.

Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa, Andika Perkasa bisa menjadi kepala BIN bila tak terpilih sebagai Panglima TNI.

Menurut Herry, Andika merupakan satu dari empat nama yang layak menjadi orang nomor satu di lembaga telik sandi.

Tiga sosok lainnya, seperti disebutkan Herry adalah Wakil Kepala BIN Teddy Lhaksmana, Mantan Kepala BNPB Doni Monardo, dan Mantan Kepala Bais TNI Marsdya (Purn) Kisend Kisenda Wiranata.

“Mereka bisa jadi pilihan presiden,” kata Herry, kemarin.

Herry menegaskan, keempat figur ini mempunyai pengalaman panjang di TNI, khususnya dunia intelijen. Mereka memiliki kemampuan dalam memetakan kekuatan dan meminimalisasi kekurangan lembaga telik sandi negara untuk bekerjanya BIN efektif kedepannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *