Rekom Fattah Jasin, Kiai Hazmi ; PKB Beri Karpet Merah

40
0
Share:

Labumi.Id, Teka-teki mengenai kandidat yang akan diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sumenep, Madura, Jawa Timur tanpaknya menemui titik terang. Beredar kabar partai besutan KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur) ini resmi akan mengusung Kepala Badan Kordinasi Wilayah (Bakorwil) Jawa Timur di Pamekasan, Fattah Jasin.

Bahkan, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Sumenep, KH Imam Hasyim menyatakan informasi yang diperoleh di Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur rekomendasi mengerucut pada Fattah Jassin.

”Rekomendasi sudah turun ke pak Fattah Jasin,” katanya, Senin (15/6/2020).

Menurutnya, dalam waktu dekat Partainya akan mengumumkan secara resmi mengenai rekomendasi Cabup bersama Cawabup yang akan mendampinginya. PKB juga akan mengumumkan kepada publik mengenai partai koalisi yang akan bergabung dalam pemenangan di Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2020 nanti.

Menanggapi rekomendasi tersebut, Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Sumenep, KH Hazmi menyatakan tidak kaget lagi dengan keputusan partainya. Menurutnya, banyak menilai nahwa PKB memang terkesan memberi karpet merah pada Mantan Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Pemprov Jatim tersebut.

”Kalau mengikuti sejak awal, kita tidak kaget lagi jika rekomendasi jatuh kepada FJ (Fattah Jasin, red),” ungkapnya ketika dikonfirmasi labumi.id via WA.

Namun, dirinya tidak bisa menjamin kader parpol solid dalam upaya pemenangan Fattah Jasin. Dalam pandangannya masalah terbelahnya dukungan yang akan meruncing tentu tidak akan bisa dihindari.

”Itu resiko yang harus ditanggung PKB atas keputusannya,” ucapnya.

Sebelumnya, DPC PKB Sumenep membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Sumenep pada 30 Oktober-15 November 2019 lalu.

Hingga hari terakhir masa pendaftaran, tiga dari 10 pendaftar tidak melengkapi berkas persyaratan. Ketiganya adalah Achmad Fauzi, KH Abdul Hamid Ali Munir, dan Ahmad Zainal Arifin.

Sementara tujuh nama yang melengkapi berkas persyaratan adalah KH Muh Unais Ali Hisyam, Fattah Jasin, Nyai Hj Nurfitriana Busyro Karim, KH Moh Shalahuddin A Waris, dan Donny M Siraj.

Dua nama lain dari tujuh pendaftar yang melengkapi berkas adalah Achmad Yunus, dan Nur Faizin, yang mendaftar sebagai bacawabup.

Sebelum turun rekomendasi, DPP PKB telah memberikan surat tugas kepada Fattah Jasin untuk melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan partai politik dan tokoh masyarakat. (Does)

Share:
Labumi.ID