Plastik Bag Free Day, Yuk Buang Niat Gunakan Kantong Plastik dari Pikiranmu

Penulis: Badruddin HaikalEditor: Redaksi

Labumi.id, Hari ini, 3 Juli diperingati sebagai International Plastic Bag Free Day atau Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia.

Diakui bahwa kampanye Plastik Bag Free Day masih kurang mengakar di masyarakat akibat miskinnya pengetahuan bahwa plastik membahayakan lingkungan. Plastik membutuhkan ratusan tahun untuk diurai tanah sehingga para pakar bersepakat bahwa plastik membahayakan lingkungan yang akan mengganggu produktivitas tumbuhan.

Plastik bahkan jadi ancaman kepunahan beragam ekosistem laut. Akibat sampah plastik yang hanyut ke laut telah mengancam spesies biota laut. Bahkan saat ini 6 dari 7 spesies penyu di dunia terancam punah gara-gara plastik. Salah satu penyebab ancaman kepunahan tersebut karena banyaknya sampah plastik di lautan yang bentuknya menyerupai ubur-ubur jadi santapan penyu dan ikan-ikan.

Promosi lingkungan yang sehat jadi agenda besar seluruh negara modern di dunia. Penggunaan kantong plastik disarankan diganti menggunakan kantong yang ramah lingkungan.

Sehingga penyadaran kepada umat manusia dengan hari Plastik Bag Free Day jadi kepedulian antar pihak untuk merawat ekosistem lingkungan yang sehat. Seruan moral di hari
Plastik Bag Free Day ini adalah kewajiban tidak menggunakan lagi kantong plastik. Buang niat penggunaan kantong plastik dari pikiranmu. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.