Peringatan Dramatis Paus Fransiskus Tentang Darurat Ekologis  

Penulis: Gendis PurnabawaEditor: Redaksi

  • Bagikan

Labumi.id, Para pemimpin dunia dipastikan bertemu minggu depan dalam konferensi Iklim PBB di Glasgow. Paus Fransiskus Dia akan memberikan tanggapannya terhadap keadaan darurat ekologis dan menawarkan “harapan nyata” kepada generasi mendatang.

Paus berbicara dari Vatikan untuk Thought for the Day yang direkam secara eksklusif untuk Radio BBC. Diamemaparkan tentang krisis termasuk pandemi Covid-19, perubahan iklim dan kesulitan ekonomi, dan mendesak dunia untuk menanggapinya dengan visi dan keputusan secara radikal untuk tak ” menyia-nyiakan peluang ” tantangan yang ada saat ini.

“Kita dapat menghadapi krisis ini dengan mundur ke isolasionisme, proteksionisme, dan eksploitasi,” kata Paus, “atau kita dapat melihat di dalamnya peluang nyata untuk perubahan.”

Paus memberikan dorongan akan pentingnya rasa tanggung jawab bersama yang terus diperbarui. Menurut dia, bahwa “masing-masing dari kita – siapa pun dan di mana pun berada – dapat memainkan perannya sendiri dalam mengubah respons kolektif terhadap ancaman perubahan iklim yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam pidatonya ini, ia telah sering mengingatkan soal krisis iklim. Bahkan pada tahun 2015 silam sudah menerbitkan ensiklik dokumen kepausan yang fokus kepada krisis lingkungan. Dalam teks berjudul On Care for Our Common Home, ia mengecam perusakan lingkungan, menekankan perlunya pengambilan langkah-langkah mitigasi dan memberikan penerimaan yang jelas bahwa perubahan iklim sebagian besar buatan manusia.

Dokumen kepausan yang dikeluarkan sebelum konferensi iklim PBB 2015 di Paris, COP21, dan dipandang memiliki beberapa dampak dalam mendorong para pemimpin menuju kesepakatan bersama.

Karena selama diskusi berlangsung hal itu memberikan semangat, bahkan presiden Paraguay kala itu berbicara tentang “peringatan dramatis Paus bahwa kita menghadapi krisis dan perlu melindungi dunia tempat kita bergantung untuk hidup”.

Enam tahun kemudian, para pemimpin dunia bersiap untuk berkumpul kembali di Glasgow untuk pertemuan KTT iklim tahun ini, yaitu COP26.

 

 

Sumber : BBC.Com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *