Menyikapi Situasi Papua yang Memanas Pemerintah Gelar Rapat

Penulis: Pongkan RodesEditor: Redaksi

Labumi.id, Pemerintah menggelar rapat menyikapi situasi keamanan yang kian memanas kian setelah terjadinya baku tembak antara TPNPB-OPM dan TNI-Polri di Kabupaten Intan Jaya, Papua dalam sepekan terakhir.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan rapat itu dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Secara khusus kami agendakan rapat pada Senin pagi jam 8.30, langsung di bawah pimpinan Wapres Kiai Ma’ruf Amin,” kata Mahfud kepada wartawan di Jakarta, Senin (1/11/2021).

Mahfud menjelaskan berdasar Perpres No. 19/20 maupun UU Non 2 Tahun 2021 terkait Dewan Papua, pimpinan pembangunan di Papua adalah Wapres.

Untuk diketahui, dalam sepekan terakhir, Kabupaten Intan Jaya memanas, kontak senjata antara TPNPB-OPM vs TNI-Polri terjadi sejak Selasa pekan lalu, terutama di Kampung Mamba, Distrik Sugapa.

Dalam kontak senjata tersebut, telah mengakibatkan seorang anggota TNI, Serka Asep mengalami luka tembak pada perut sebelah kiri. Beruntung korban Asep, langsung dievakuasi ke daerah Timika untuk mendapatkan perawatan intensif.

Sedangkan, dua orang warga sipil yang usianya masih anak-anak telah tertembak, satu di antaranya meninggal dunia gara-gara tidak tertolong karena tak ada tenaga medis di lokasi kejadian. Namun hingga kini, belum ada keterangan resmi siapakah pihak yang telah menyebabkan kedua anak ini tewas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *