Kotan Diworkshopkan Jadi Penguatan Kapasitas Insan Pers

Penulis: Khairul Amin Editor: Redaksi

Labumi.id, Workshop Penguatan Kapasitas Kepada Insan Pers untuk mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba (Kotan) berlangsung di ballroom Utami Hotel Kabupaten Sumenep, Kamis 04 Agustus 2022.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumenep menganggap penting peran dan partisipasi insan media dalam mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN).

Kepala Badan Narkoba Nasional (BNN) Kabupaten Sumenep, Bambang Sutrisno menjelaskan insan media merupakan arus informasi mampu memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi millenial di masa mendatang.

“Saya berharap, melalui Workshop ini akan tercipta sinergi antara BNN dengan insan media dalam memberikan edukasi kepada masyarakat akan bahaya narkoba,” ujarnya.

Bambang menyebut insan media mempunyai tanggung jawab yang sama dengan pemerintah dan masyarakat.

“Media juga punya peran yang cukup penting untuk memberikan pemahaman akan ancaman narkoba kepada para generasi kita”ujarnya.

Fungsi media dapat mendistribusikan informasi dan edukasi yang menjangkau siapa pun di ruang publik.

“Pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) butuh kerjasama dengan semua elemen termasuk dengan para insan media atau wartawan” ujarnya.

Beberapa variabel untuk mengetahui sebuah kabupaten atau kota bisa masuk dalam kategori tanggap ancaman narkoba. Di antaranya, ketahanan keluarga, ketahanan masyarakat, kewilayahan, kelembagaan dan hukum.

“Untuk mewujudkan semua itu diperlukan intervensi dan stimulasi para pemangku kebijakan di daerah termasuk insan media dalam upaya P4GN tersebut,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.