Kemenag Sumenep Wajibkan Review Kurikulum untuk Wilayah Darat Maupun Kepulauan


  • Bagikan

Labumi.id, Kementerian Agama Kabupaten Sumenep bakal mewajibkan review kurikulum dimasing-masing satuan pendidikan terkait dengan terbitnya KMA Nomor 183 dan 184 tahun 2019.

“Review ini kami pastikan langsung dibimbing oleh masing-masing pengawas binaannya dengan batas waktu sebelum tanggal 13 Juli 2020,”kata Kepala Kemenag Kabupaten Sumenep, Juhedi, Senin, (13/07/2020).

Juhedi memaparkan review kurikulum tersebut sudah disahkan sehingga tahun pelajaran 2020/2021 di mulai tanggal 13 Juli 2020. Semua satuan Pendidikan se Kabupaten Sumenep sudah siap memulai kegiatan pembelajaran secara daring dengan berpedoman pada kurikulum darurat yang sudah dirancang dan dibuat oleh masing masing satuan pendidikan baik yang berada di wilayah Daratan maupun kepulauan.

“Seraya menunggu situasi perkembangan penyebaran covid19 dan status Kabupaten Sumenep masuk Zona Hijau sebagai syarat melakukan pembelajaran tatap muka,”jelasnya.

Dia menyarankan satuan pendidikan tetap melengkapi protokol Covid-19 sebagaimana tertuang dalam SKB 4 Menteri tentang panduan peyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi.

Selain itu Juhedi juga menjelaskan bakal melakukan sosialisasi dan pendampingan intensif dengan mendatangkan para pakar yang kompeten di bidang kelembagaan untuk melakukan persiapan seiring dimulainya tahun pelajaran 2020-2021.

“Terbitnya KMA nomer 183 & 184 bukan berarti membuat kurikulum baru, karena KMA tersebut hanya ada perubahan dan penyempurnaan materi khusus bidang study PAI ( Akidah Akhlak, Fiqih, SKI , Alqur’an Hadist ) dan Bahasa Arab ada perubahan atau penyempurnaan pada KI dan KD saja, sedangkan materi umum tetap mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014 yang berlaku sampai sekarang,”tandasnya. (Khairul Amin)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *