Gelar Buah Nusantara ke 6, Ini Harapan Dispertahutbun Sumenep

25
0
Share:

LaBumi.id, Dalam upaya mempromosikan produk buah lokal sekaligus menyerap hasil panen petani Sumenep, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahutbun) laksanakan Gelar Buah Nusantara (GBN) ke 6 tahun 2021, pada Selasa, 31/08/2021.

Kepala Dispertahutbun Sumenep Arif Firmanto mengatakan, kegiatan GBN sendiri bertujuan untuk mendorong masyarakat dalam mengkonsumsi buah lokal yang dihasilkan petani dimasa pandemi Covid-19. Dengan mengkonsumsi buah-buahan diharapkan dapat menguatkan imun tubuh.

“Gelar Buah Nusantara ini sebagai sarana agar masyarakat mengkonsumsi buah sebagai sumber vitamin dan mineral untuk menjaga kekebalan tubuh,” ungkapnya.

Pihaknya mengungkapkan, dengan meningkatkan produksi buah lokal maka juga dapat membuka peluang ekspor. Terlebih lagi dimasa pandemi Covid-19 permintaan buah juga meningkat, khususnya buah yang dapat menjaga imunitas tubuh.

“Ini juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat untuk mengurangi konsumsi buah impor sekaligus untuk mendorong peningkatan agribisnis buah nusantara,” paparnya.

Lebih lanjut pria yang biasa disapa Arif ini menambahkan, bahwa ada beberapa buah khas Sumenep yang kualitasnya sangat bagus. Salah di antaranya seperti golden melon dan rock melon parsanga, jeruk pamelo dan jeruk lokal Dasuk serta pisang raja Batuputih.

“Ada juga alpukat dan sawo Blut dan buah naga Kecamatan Pragaan. Dari kepulauan ada melon Kangean yang sangat manis dan beragam buah lokal lainnya dengan kualitas super,” tambahnya.

Kemudian petani Sumenep yang memproduksi buah-buahan tersebut juga dibantu dimudahkan dalam melakukan penjualan dengan melalui platform digital Akancatani.

“Aplikasinya tersedia di play store, masyarakat yang ingin membeli buah juga bisa memesan disitu dan langsung diantarkan ke lokasi pemesan,”tuturnya. (Khairul Amin)

Share: